WhatsApp Image 2021-11-25 at 15.40.32

Pounding Solutif Dari Sarmili

 

Nampaknya solusi adalah goal yang selalu ditargetkan oleh Sarmili. Tokoh konservasi sungai Ciliwung ini telah mengembangkan teknik pounding yang khas pada karya ecoprint.

Khasnya di mana ? Ada pada kata solutif. Jelasnya seperti ini, selama ini teknik pounding memang masih banyak yang melakukan. Baik untuk mengisi bagian kosong dari karya ecoprint kemudian dikukus lagi atau memang karya ecoprint yang dikerjakan secara keseluruhan dengan teknik pounding.

Sedangkan teknik pounding yang dikembangkan oleh Sarmili, selain melakukan pounding pakai palu, juga melakukan fill in, mengisi ruang kosong dengan menggosok-gosok tangkai daun, terutama daun jati. Juga dengan cara memulaskan kandungan tanin pada daun, ” lembar daun dilumat dan digusok-gosokkan,” papar Dewi ketua AEPI Jakarta Selatan.

Masih dalam filosofi solusi, seringkali setelah menata daun pada kain untuk ecoprint masih tersisa lembar-lembar daun. Memang dengan cara penyimpanan yang baik bisa digunakan lagi di hari atau saat lain. Tetapi bisa juga dimanfaatkan ” menggunakan teknik pulas-lumatan daun yang dikembangkan Sarmili.” Jelas Wirasanti, ecoprinter asal BSD,Tangerang selatan yang hadir untuk meramaikan acara ngecobar.

Selanjutnya, “seperti biasa kita lakukan langkah2 sesuai prosedur pembuatan ecoorint. Scouring-mordant-tempel daun/ponding, pulas-lumat-pengukusan.” Inen Kurnia Sekretaris AEPI menegaskan.

Teknik pounding Sarmili ditularkan kepada anggota AEPI pada acara Ngecobar di tanggal 21 November 2021 di kediamannya, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Sarmili kesehariannya sibuk dengan mencari dan mencari solusi untuk memecahkan masalah sampah yang banyak dilimpahkan ke sungai Ciliwung, beliau juga pemecah rekor Muri Aksi bersih-bersih CIliwung 2014 ini. Edukasi tentang pengelolaan sampah tak bosannya disampaikan kepada masyarakat, hingga pemerintah memberikan perhatian berupa kepercayaan untuk memanfaatkan lahan di bantaran sungai Ciliwung. Jadilah hutan kota di 2 lokasi, di pinggiran sungai Ciliwung. Menariknya isi hutan kota ini banyak tanaman yang bisa untuk membuat ecoprint. Teknik pounding Sarmili telah ditularkan kepada masyrakat di sekitar sungai Ciliwung di kawasan Lenteng Agung.

Jika punya masalah, silahkan coba teknik pounding dan lumat-pulas yang telah dikembangkan oleh Sarmili, yang juga nominator Kalpataru Nasional 2016, kategori pembina lingkungan (Totok Hartoyo, pemerhati ecoprint).

 

 

                            

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi kami