IMG-20211018-WA0022

Peresmian Sekretariat dan Ngecobar AEPI Jawa Barat

 

Bertempat di Villa Arrayan Cigombong Bogor Jawa Barat, Minggu (17/10) pengurus dan beberapa anggota, menghadiri acara peresmian sekretariat AEPI Jawa Barat (Jabar) dan ngecobar offline terbatas dengan maksimum kapasitas 20 orang.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja (proker) di bulan Oktober yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan Road to Kick off AEPI Jabar yang diawali oleh kegiatan ngecobar tanggal 10 Oktober 2021 oleh Wilayah Bekasi di Wiladatika Cibubur, yang digagas oleh Koordinator wilayah Bekasi-Purbawa (Bekasi, Purwakarta, Subang dan Karawang) Hamimatul Azizah yang biasa dipanggil Ima Azizah dengan jumlah peserta 20 orang.  

Selanjutnya program road to kick off AEPI Jabar yang kegiatannya berbarengan dengan peresmian Sekretariat AEPI Jabar digagas oleh Koordinator wilayah BOCIMI (Bogor Ciawi Sukabumi) dengan penanggungjawab Ibu Ratna selaku Kordinator Wilayah BOCIMI dan pembawa acara serta moderator kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dipandu Bapak Diding Ismaya.

Ketua AEPI Jabar, Rita Arrayan, sebagai pemilik Villa Arrayan telah mendedikasikan tempat ini sebagai kantor sekretariat AEPI Jabar.

Dalam sambutannya Teh Ita, panggilan akrab Rita Arrayan menyampaikan harapannya, “Semoga dengan adanya sekretariat ini lebih memudahkan untuk berkoordinasi, baik para pengurus maupun anggota, juga dapat menjadi tempat berkumpul para anggota melakukan kegiatan ngecobar. Kantor sekretariat ini berada di lingkungan Villa Arrayan Cigombong, dimana menjadi lokasi yang pas untuk melakukan kegiatan ecoprint maupun edukasi bersifat lingkungan karena di lokasi telah ditanam sekitar 40 jenis tanaman ecopirnt sehingga seluruh anggota diharapkan terinspirasi untuk menanam tanaman yang menjadi kebutuhan pokok dalam kegiatan botanical print. Tak hanya pandai memetik tapi juga bijak dalam menggunakan dedaunan dan pewarna alam, sekaligus berkontribusi dalam mengurangi isu pemanasan global dengan wujud nyata menanam pohon.

Acara peresmian diawali dengan pengguntingan pita oleh Ketua AEPI Jabar Teh Ita. Setelah pengguntingan pita, pengurus dan anggota, dipersilahkan untuk melihat lihat sekretariat yang sekaligus digunakan sebagai gallery untuk memajang karya para ecoprinter yang telah bergabung dengan AEPI.

Keberadaan secretariat AEPI ini selain sebagai simbol adanya organisasi juga penting sebagai showcase produk para anggota, manakala ada yang berminat terhadap produk yang digerai di sekretariat, maka kami akan memberikan informasi produk tersebut dan calon pembeli dapat menghubungi langsung dengan produsen.

Selanjutnya hadirin diajak berkeliling kebun di Villa Arrayan, yang ditanami dengan bermacam macam tanaman ecoprintable, seperti Jarak Kepyar, Jarak Wulung, Waru, Miana, Red Panama dan masih banyak lagi. Tanaman tersebut sengaja ditanam, agar memudahkan dalam kegiatan ngecobar dan menanamkan cinta lingkungan. 

Setelah puas berkeliling kebun dan memetik daun/bunga yang diinginkan oleh peserta untuk diabadikan dalam kainnya, hadirin kembali melanjutkan acara ngecobareng, diskusi, yang dipandu oleh Diding Ismayasa. 

“AEPI Jabar punya agenda besar, apa agenda besar itu? Mari kita diskusikan bersama konsep konsep kegiatan kita. Adanya sekretariat ini sebagai sarana publikasi keberadaan AEPI Jabar, selain kegiatan lain yang bisa dilakukan. Diharapkan nanti, kegiatan dilaksanakan tidak hanya di Jawa Barat saja tetapi bisa merambah ke daerah lain. Jadi kita hadir dengan porsi yang lengkap, mulai dari tempat, dokumen administrasi, juga Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga(AD/ART) nya ada.” kata Diding Ismayasa membuka diskusi  

Acara ini juga merupakan awal dari road show program kerja AEPI Jabar, dintaranya kunjungan kegiatan perwilayah, ngecobar online maupun offline, pameran yang diikuti anggota AEPI, seminar maupun kegiatan lain yang terkait ecoprint.

Diskusi berlangsung sangat seru dalam suasana hangat penuh kekeluargaan, diselingi dengan perkenalan anggota yang hadir secara langsung dan sharing pengalaman tentang ecoprint. Bagaimana awal mereka mengenal ecoprint dan lain sebagainya. 

Seperti dituturkan Ima Azizah dari Bekasi,”Pertama kali saya mengenal ecoprint melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh salah satu BUMN, kemudian saya mengikuti Workshop Online (WSO) sampai akhirnya saya bergabung dengan AEPI.” 

Kegiatan selanjutnya menata daun dan bundling lalu masuk ke kukusan pada jam 11.30, sampai jam 13.30. di sela sela menanti kukusan bundle ecoprint, dilanjutkan dengan kegiatan makan siang, sholat dan FGD yang diikuti oleh seluruh perserta offline maupun online. 

Sesi terakhir acara membuka bundle ecopirnt dan pemilihan terfavorit, dua orang yang mengenakan celemek terbaik, doorprize dua orang peserta offline, juga disediakan hadiah bagi dua pengunggah karya ecoprint terbaik di sosial media, yang ngecobar secara virtual. Yang lebih menarik lagi ada hadiah spesial dari Inen Kurnia Sekretaris AEPI Pusat berupa kain kanvas untuk lima orang. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama pengurus dan anggota, dengan hasil karya masing masing. 

“ Terima kasih kepada semua yang hadir baik offline maupun online pada hari yg spesial dalam kita berorganisasi. Semoga langkah kita dimudahkan dalam menggapai harapan kita bersama. Sekuat dan sehebat apapun kita dikepengurusan tanpa support dan komitmen kita semua, organisasi ini hanyalah ada sekedar nama dan angan. Mari bersinergi, berkolaborasi untuk mewujudkan visi AEPI Jabar khususnya dan juga visi AEPI. Terima kasih untuk kebersamaan kita hari ini. Mari saling asah , asih dan asuh.” demikian kata penutup dari Teh Ita 

(BuTar).

 

Posted in

One thought on “Peresmian Sekretariat dan Ngecobar AEPI Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi kami