IMG-20220701-WA0002

Padukan Sasirangan dan Ecoprint AEPI Kalimantan Gelar Workshop Online

 

Pada Minggu (26/6) Asosiasi Eco-Printer Indonesia(AEPI) Kalimantan gelar Workshop Saecoprint. Saecoprint adalah perpaduan antara kain khas Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) Sasirangan dengan ecoprint.
Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Google Meet yang diikuti oleh pengurus dan anggota AEPI di wilayah Kalimantan, antara lain dari Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Utara (Kaltara) dengan jumlah peserta 16 orang dipandu oleh Dian Lia.

“Maksud kami disini adalah untuk mengenalkan Saeco, yaitu kombinasi Sasirangan dan Ecoprint yang lebih dulu dikenalkan oleh pengrajin dari Kalsel yang sudah lama bergelut di dunia Sasirangan. Nah dengan bergabungnya mereka di AEPI maka mereka akhirnya punya inisiatif untuk menggabungkan sasirangan dan ecoprint dalam satu kain menjadi Saeco.” Jelas Ketua AEPI Kalimanatan Siwi Hardani
“Seiring dengan semakin banyaknya peminat Saeco di Kalsel akhirnya semakin banyak pula pengrajin Sasirangan yang ingin ikut belajar ecoprint dan bergabung dengan AEPI.” Kata Siwi Hardani lebih lanjut

Siwi Hardani berharap ke depan semoga ecoprint semakin dikenal oleh masyarakat Kalimantan sehingga nanti akan muncul kombinasi kombinasi lain antara ecoprint dengan batik Kalimantan, selain saringan dengan ecoprint. Tentu saja dengan menggunakan pewarna alam yang ramah lingkungan.

Usai kegiatan work shop peserta mendapatkan ringkasan materi dan tutorial Saecoprint yang bisa diunduh melalui grup whatsapp, yang selanjutnya bisa dipraktekkan sendiri sendiri oleh peserta maupun secara berkelompok di daerah masing masing. Motif Sasirangan yang dipilih Dian Lia kali ini adalah motif klasik sedang zat warna alam (zwa) yang digunakan adalah zwa dari kayu ulin khas Kalimantan.

Selanjutnya pada Selasa (28/6) pengurus dan anggota AEPI Kalimantan yang berdomisili di Banjarmasin praktek saeco bersama di Galeri Sadrina milik sekretaris AEPI Kalimantan Evy Nurmina.

Peserta yang hadir di acara webinar merasa senang dengan adanya workshop saeco yang dilaksanakan secara online ini.
“Terimakasih ilmunya mbak Lia, terimakasih mbak Siwi dan ibu ibu yang sudah memfasilitass acara ini”. komentar Indri Rina Sari yang kami kutip dari whatsapp grup AEPI Kalimanatan
Tati Supriyatin salah satu anggota AEPI Kalimanatan juga menulis komentarnya di grup AEPI Kalimanatan tentang workshop saecoprint ini, “Makasih mbak Dian, mbak Siwi dan mbak Laras serta teman teman yang sudah berpartisipasi dalam acara webinar ini, semoga berkah untuk kita semua. Aamiin.

(/Tar).

 

 

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi kami