IMG-20220722-WA0017

Ngecobar Beureum Bodas AEPI Jabar

 

Berlokasi di Rumah Sora Resort & Villa Jl. SMP Negeri 2 Kav.28 Lembang Bandung Jawa Barat (Jabar) , Asosiasi Ecoprinter Indonesia Jabar yang digawangi oleh Rita Arrayan atau yang biasa dipanggil Teh Ita pada Selasa (19/7 ) menggelar kegiatan ngecobar. Tema ngecobar kali ini adalah Ruang Riung Binangkit Wargi AEPI Jabar, Ngecobar Beureum Bodas. Ruang Riung artinya pertemuan/perkumpulan dan Binangkit artinya terampil, banyak kemampuan, berdaya. Atau terjemahan bebasnya adalah Wadah berkumpul untuk berkreasi. Sedangkan Beureum Bodas bermakna Merah Putih.

Menurut Tika Kartikasari Humas AEPI Jabar yang kami hubungi via pesan singkat menerangkan, “Tema Merah Putih dipilih untuk menyongsong agustusan, karena biasanya di bulan Agustus dari AEPI Pusat ada kegiatan yang bertema Merah Putih. Jadi bila ada event dari AEPI Pusat teman teman di Jabar sudah siap. Karena memang tidak mudah membuat warna merah yang secetar itu.”

Tika juga menyatakan bahwa tema yang diusung menggunakan Bahasa Sunda karena untuk mengangkat kearifan lokal.
“Supaya lebih terasa kental nuansa daerahnya, maka nama kegiatan dan tema menggunakan bahasa Sunda”, imbuh Tika

Ngecobar itu sendiri diikuti oleh lebih dari 60 orang, baik pengurus maupun anggota AEPI Jabar, bahkan ada peserta yang berasal dari luar wilayah Jabar. Hal ini di luar prediksi, panitia semula memperkirakan peserta yang hadir pada kisaran 30 sampai 35 orang. Ternyata yang hadir dua kali lipatnya. Hal ini dikarenakan sejak masa pandemi kegiatan dilaksanakan secara virtual atau daring melalui zoom, jika dilaksanakan secara luringpun peserta yang hadir juga dibatasi.

Yang istimewa dari ngecobar kali ini adalah, kegiatan AEPI Jabar ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar Iendra Sofyan beserta staf yang sekaligus membuka kegiatan secara langsung. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pemerintah sangat mendukung produk produk lokal supaya lebih dikenal lagi, seperti yang diinstruksikan oleh presiden. Iendra Sofyan juga mewakili Dekranasda Jabar karena beliau juga menjabat sebagai Ketua Harian Dekranasda Jabar dikarenakan Ketua Atalia Praratya sedang melaksanakan ibadah haji.

Hadir pula KPW Bank Indonesia Jawa Barat Okti, Wakil Ketua Asosiasi Eksportir & Produsen Handicraft Indonesia (ASHEPI) Nina Kamil didampingi Nunu Idris, dan Ina, serta Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara Eleonora Lumentut Sangi.

Masrur dari Arae selaku tutor yang Tim MM AEPI hubungi melalui pesan singkat menyampaikan kesan kesannya, “Alhamdulillah senang dengan antusiasme ibu ibu. Dimulai sejak dari persiapan melalui zoom untuk treatment kain (mordant) hingga eksekusi di hari H”.

“Sebelumnya para peserta kaget dengan hasil pewarnaan pada saat awal praktek tidak berwarna merah tetapi oren. Setelah melalui proses pengukusan lalu bundel kain dibuka warna yang dihasilkan sangat mengejutkan, warnanya bisa merah sekali.” tutur Masrur Arae
Masrur Arae juga menjelaskan bahwa ngecobar Beureun Bodas merupakan hasil riset atau penelitian dari Arae yang disumbangsihkan untuk AEPI Jabar, karena Arae juga bagian dari AEPI Jabar.
“ Ngecobar kemarin merupakan sedikit dari hasil penelitian Arae yang kami persembahkan untuk AEPI Jabar”. Jelas Masrur

Seluruh rangkaian kegiatan juga berlangsung seru dan meriah, dalam suasana penuh kekeluargaan Selain ngecobar kegiatan disemarakkan dengan acara Fashion show, Bazaar, Sharing session dan Game Seru. Suasana makin hangat ketika peserta diajak bergoyang oleh Herning Tri Susilo yang dengan luwesnya memimpin dance.
Peserta merasa sangat terkesan dengan keseruan acara yang persiapannya dimulai sejak dua minggu yang lalu. Seperti yang kami kutip dari whatsapp grup.
.
“Meuni seru pisan ibu ibu yang luar biasa semangat 45 menyongsong 17 Agustus 2022 dengan adanya silaturahim ngecobareng tadi sangat terkesan saking semangatnya mengucapkan yel yel juga sampai kebalik tapi luar biasa seru. Terima kasih banyak kepada Teh Ita ,kang Masrur dan ibu ibu semuanya semoga kita semua diberi kesehatan dan bisa berkumpul kembali suatu saat’, kata Lilis Nuryati

“Senang banget kemarin bisa ngariung bareng pengurus dan anggota AEPI Jawa Barat. Terima kasih buat keseruan kemaren. Semoga tambah memperat silaturahmi Baraya Sadayana”. ucap Ima Azizah

Ati Maraka salah satu peserta juga menyatakan keseruan ngecobar, “Alhamdulillah, kemarin ngecobar nya berjalan lancar, happy, dapet ilmu baru, teman baru, pokoknya mah seru dan happy. Terimakasih semuanya’.

Akhir dari kegiatan adalah mengabadikan momen momen yang indah dan berkesan dengan foto bersama peserta, pengurus AEPI dan tamu undangan yang hadir.

(/Tar)

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi kami