WhatsApp Image 2021-11-01 at 12.47.11 (2)

Korwil 4 AEPI Jawa Tengah Kopdar HUT 1 AEPI

 

 

Berdasar hasil zoom meeting antara pengurus AEPI (Asosiasi Eco-Printer Indonesia) Jateng dan para anggotanya, pada tanggal 17 Oktober 2021 lalu, AEPI Jateng dibagi menjadi 6 koordinator wilayah (korwil). Korwil 4 sebagai salah satu korwil yang ditetapkan menyambut HUT 1 AEPI dengan mengadakan kopdar.

Bertempat di Wisata Kuliner Kampung Ulam Ngrajek Mungkid Kabupaten Magelang, Korwil 4 yang terdiri dari Kota Magelang dan 4 Kabupaten (Temanggung, Wonosobo, Purworejo, dan Magelang), hari Minggu (31/10) Kopdar dilaksanakan.

Kopdar atau kopi darat atau ajang pertemuan secara langsung dalam suatu komunitas ini dilaksanakan, menurut Retno Setyaningsih salah satu pengurus Korwil 4 AEPI Jateng, yang dihubungi melalu pesan singkat, menyatakan karena sebagian besar anggota korwil 4 belum saling mengenal secara langsung, walaupun mereka telah mengenal lewat whatsapp group (WAG) maupun sosial media seperti Facebook (FB) dan Instagram (Ig).

“Tujuan dari kopdar ini adalah, yang pertama silaturahmi agar bisa saling mengenal lebih dekat antar anggota korwil, juga agar mempermudah koordinasi jika ke depan akan melaksanakan kegiatan bersama.”
Lebih lanjut Retno mengatakan, “Harapan kami dengan kegiatan seperti ini, hubungan antar anggota semakin erat, bisa saling mendukung satu sama lain dalam berkarya (dalam hal ini ecoprint) serta bersama sama merancang kegiatan untuk wilayah 4, sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, serta mendukung program dan kegiatan AEPI secara umum khususnya AEPI Jateng, melalui kegiatan kegiatan nyata lewat korwil.”
Kegiatan diawali dengan saling tukar bibit dan tanaman ecoprintable, seperti Jarak Wulung, Jarak Kepyar, Afrika, Kenikir, Kosmos, Lanang dan lain lain. Diskusi dan obrolan santai penuh kekeluargaan mewarnai acara ini, mulai dengan perkenalan para anggota AEPI, sampai sharing pengalaman tentang coprint yang dibuka dan dipandu langsung oleh Retno. Selain diskusi santai juga membahas program kerja AEPI Jateng wilayah 4. Program yang akan dilaksanakan pada waktu dekat adalah Ngecobar, dengan waktu dan tempat akan ditentukan kemudian. Juga akan dilaksanakan pameran bersama anggota AEPI melalui even even khusus, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun secara mandiri oleh AEPI.

Walaupun tidak bisa hadir secara langsung, Ketua AEPI Jateng Fica Ariyanti S, memberikan dukungan pada acara kopdar korwil 4 ini melalui video call. Tidak hanya itu saja, sebagai wujud apresiasi kepada para ecoprinter yang hadir, Fica Ariyanti memberikan hadiah kejutan (door prize). Yang berkesempatan mendapatkan door prize adalah peserta yang hadir paling awal yaitu Sri Mulyani dari Purworejo dan Nur Diana Dewi dari Parakan sebagai peserta yang tempat tinggalnya terjauh dari lokasi kopdar, juga yang hadir paling awal dari area setempat yaitu Erna Sulistyani dari Payaman, masing masing mendapatkan hadiah dari Shanum Ecoprint.

Ketika dihubungi melalui pesan singkat, Sri Mulyani mengaku sangat senang, dan tidak menyangka bisa mendapatkan door prize dari Ketua AEPI Jateng, sehingga bisa jadi penyemangat untuk selalu hadir dalam setiap pertemuan.
“Saya sangat senang bisa bertemu dengan ecoprinter wilayah 4 yang notabene adalah ibu ibu yang punya semangat dan jiwa berbagi yang tinggi.” kata Anik panggilan akrab Sri Mulyani.
Lebih lanjut Anik mengatakan, “Untuk kegiatan mendatang semoga bisa lebih kompak dengan mengenakan dresscode (semua yang hadir memakai baju/produk ecoprint).”

Nur Diana Dewi, ecoprinter yang berdomisi di Parakan juga memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan ini. “Saya sangat terkesan dengan kegiatan tadi , dari berbagai latar belakang yang berbeda, namun memiliki semangat dan harapan yang sama untuk kemajuan ecoprint di wilayah 4.”

Kegiatan kopdar diakhiri dengan sesi foto bersama dengan kain ecoprint hasil karya masing masing yang dibawa dari rumah.

(/Tar)

 

 

    

 

  

 

  

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi kami