IMG-20211021-WA0019

AEPI DIY Ikuti Pameran Sekati YK Ing Mall

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar Sekati YK Ing Mall. Sekati YK Ing Mall ini digelar selama lima hari mulai Rabu, 13 Oktober hingga Senin 18 Oktober 2021. Dulunya sekaten yang dibalut dalam pasar malam perayaan sekaten (PMPS) menjadi agenda wisata di Kota Yogyakarta.

Acara ini adalah adaptasi Sekaten yang biasanya diadakan di alun alun utara Keraton Yogyakarta. Untuk pertama kalinya di tahun 2021 ini, sekaten digelar di pusat perbelanjaan karena mobilisasinya yang terbatas, serta protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 sudah berjalan dengan baik. 

Sekati YK Ing Mall yang merupakan Pameran Industri Kreatif ini digelar di tiga mall yang ada di Kota Yogyakarta. Mulai dari Malioboro Mall, Lippo Plaza dan Galeria Mall. Ada 70 UMKM di bidang craft dan fashion yang ditampilkan dalam acara ini. Sebanyak 40 UMKM ditampilkan di Malioboro Mall, 20 UMKM di Galeria Mall dan 10 UMKM lainnya ditampilkan di Lippo Plaza.

Tujuan dari acara ini adalah ingin mendorong pemulihan ekonomi pelaku UMKM di kampung maupun di mal agar tumbuh kembali.

AEPI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan produk ecoprintnya ikut menyemarakkan acara Sekati YK Ing Mall, yang tersebar di tiga mall sesuai dengan kecamatan atau kapanewonnya. Karena peserta pameran adalah yang sudah terdaftar di Dinas Perisdustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), jadi hanya sebagian anggota AEPI yang mengikuti pameran.

 “ Ya seneng aja bisa ikut pameran, untuk memperkenalkan brand masing masing anggota ke kalayak umum.” kata Lanjarwati salah satu peserta dari AEPI DIY, yang mengikuti pameran di Galleria Mall.  

Selain mengikuti pameran, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi para ecoprinter DIY. Mereka mengunjungi stand dan bertemu dengan anggota lainnya dari berbagai daerah di Yogyakarta, untuk memberikan support kepada teman teman yang sedang mengikuti pameran. Baik itu yang di Malioboro Mall, Galleria Mall maupun di Lippo Plaza. Ada yang sekedar melihat lihat hasil karya ecoprint, tapi ada juga yang ikut nglarisi. Ketua AEPI Puthut Ardiyanto, juga menyempatkan hadir berkunjung ke stand untuk memberikan support.

Salah satu stand pameran anggota AEPI DIY, Lanjarwati terpilih sebagai stand yang paling banyak dikunjungi dan mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama stand terbaik.

“Gak nyangka bisa menang juara stand terbaik. Teman teman terimakasih suportnya, kemarin selain penataan stand, saya presentasi product ecoprint yang menggunakan bahan bahan alami dan mudah dicari disekitar kita. Dari sekian product pameran batik, jumputan dan lain lain, ternyata hasil karya ecoprint bisa menang karena ramah lingkungan. Terimakasih kepada para guru kami mbak Inen, Masrur Arae dan bu Lina Ecobali yang sudah menulari ilmu kepada kami. Semangat teman teman untuk berkarya. Ecoprint Jaya.” kata Lanjarwati, melalui Whats App Group. 

Penyerahan hadiah piala dan uang pembinaan diserahterimakan di Malioboro Mall pada Sabtu (16/10) lalu. 

(BuTar).

Posted in

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi kami